Selamat datang di Blog Yanuar Yogi jangan lupa isi buku tamu ya... Usaha Kambing Etawa: Menentukan Umur Kambing Etawa

3.17.2010

Menentukan Umur Kambing Etawa


Pada saat kita akan membeli kambing etawa yang dari petani tentu akan bingung dalam menafsirkan berapa umur kambing tersebut, tentu jika kita tidak jeli dalam menentukan umur atau mengenali tanda umur kambing etawa maka kita akan tertipu dengan bentuk kambing .

Terlebih lagi jikala kita hendak mencari kambing bakalan induk kita mesti harus jeli dan teliti dalam menafsirkan umur kambing etawa,agar pelaksanaan untuk beternak kambing etawa sesuai dengan yang kita rencanakan.

Sebenarnya cara paling jitu untuk menentukan umur kambing adalah dengan melihat kembali tanggal kelahiran kambing etawa tersebut, namun jika kita hendak membeli kambing dari orang lain tentu hal itu sangat tidak mungkin.

Cara lain untuk menentukan umur kambing etawa adalah dengan melihat kondisi gigi kambing etawa, namun cara ini sebenarnya hanya merupakan acuan bukan penentu yang akurat dalam menafsirkan umur kambing etawa.

Untuk Umur 0 – 1 tahun : Gigi seri susu sudah tumbuh semua
Umur antara 2 – 3 tahun : 4 gigi seri susu berganti dengan gigi tetap ( poel empat )
Umur antara 3 – 4 tahun : 6 gigi seri susu berganti dengan gigi tetap ( poel enam )
Umur antara 4 – 5 tahun : 8 gigi seri susu berganti dengan gigi tetap ( poel delapan )
Umur lebih dari 5 tahun : gigi seri tetap sudah mengalami keausan atau tanggal semua ( rampas )
Pengetahuan tentang umur kambing tersebut sangat bermanfaat untuk mengetahui bakal kwalitas dari kambing etawa , dan bermanfaat untuk mengetahui masa produksi terbaik untuk kambing etawa, jikala anda menginginkan untuk berinfestasi sebaiknya memilih bakalan induk kambing etawa dan bakal pejantan yang memiliki usia antara 1 th hingga 3 tahun agar kita masih memiliki masa produksi kambing yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar