Selamat datang di Blog Yanuar Yogi jangan lupa isi buku tamu ya... Usaha Kambing Etawa: Siklus Birahi Kambing Etaw

3.17.2010

Siklus Birahi Kambing Etaw


Dalam usaha beternak kambing etawa kita sebagai peternak harus memahami siklus birahi kambing etawa betina, sebab jikala kita ingin berhasil dalam memproduksi ternak kita memang harus mengenali siklus masa birahi kambing etawa ,karena beternak kambing etawa memang membutuhkan pemahaman yang berbeda dalam memeliharanya tentu juga dalam hal mengawinkannya.


Para peternak kambing etawa memang tidak mencampur kambing betina dengan kambing jantan dalam keseharianya mereka bersama namun terpisah oleh sekat kandang ,yang hal ini agar terjaga kondisi siklus perkawinan kambing dengan baik .

Setiap kambing etawa betina yang sudah dewasa biasanya memiliki siklus birahi yang kemudian akan di lanjutkan dengan proses keluarnya sel telur untuk di buahi .

Secara teori kambing etawa sebenarnya sudah di anggap dewasa atau berkembang menjadi bakal induk dewasa setelah mengalami siklus birahi pertama yang biasanya dapat terlihat dari umur 8 sampai 12 bulan .

Pada umumnya kambing etawa memiliki masa waktu birahi berkisar antara 24 hingga 48 jam dan memiliki satu siklus yang berumur sekitar 18 hingga 25 hari dalam sekali siklusnya.

Sedangkan cirri umum secara fisik yang dapat kita kenali dalam kasat mata ketika kambing etawa mengalami birahi bias kita lihat sebagai berikut :

Kambing Etawa betina terlihat kurang nafsu makan
Kambing betina terlihat gelisah dan sering mengembik
Alat Kelamin luar terlihat basah mengeluarkan lender,terlihat memerah dan membengkak
Kambing betina terlihat sering mengibaskan ekornya dan menggosok kan badanya mengelilingi kandang
Tidak Menghindar ketika di naiki oleh kambing jantan
Apabila tanda tanda fisik yang terlihat itu sudah jelas maka sebaiknya segera mengawinkan kambing betina tersebut , namun sebaiknya dilakukan jeda waktu dari awal terlihatnya sekitar 8 jam hingga 12 jam , apabila terlihat tanda tandanya sore maka kawinkan kambing tersebut pada ke esokan harinya.

Belajar dari beberapa petani yang berada di sekitar wilayah Desa Donorejo, Kec Kaligesing , Kab Purworejo saya mengumpulkan beberapa pengalaman yang akhirnya dapat di ambil kesimpulan bahwa tingkat keberhasilan yang tinggi dalam mengawinkan kambing biasanya dilakukan 8 hingga 12 jam sejak tanda tanda siklus terlihat.

Sedangkan cara mengawinkan kambing etawa biasanya dengan dilakukan pencampuran dengan pejantan selama beberapa jam hingga terjadinya perkawinan tersebut ( umumnya peternak menunggui saat terjadinya perkawinan )

Menurut teori kambing etawa sebenarnya boleh di kawinkan semenjak siklus pertama birahi namun untuk mendapatkan hasil keturunan kambing etawa yang baik dan mengembangkan induk sampai benar benar dewasa biasanya peternak akan menunda perkawinan sampai beberapa kali siklus atau di tunda hingga umur 3 atu 4 bulan setelah birahi pertama terlihat ( berkisar 12 hingga 14 bulan ).

Peternak yang teliti biasanya akan mebuat tanggal atau menandai sejak siklus birahi betina hingga menjelang betina benar benar dewasa dan siap untuk di kawinkan agar dapat mengenali pada masa birahi berikutnya dan biasanya kambing betina yang terhitung mendekati siklus birahi akan di berikan makanan ( konsentrat ) yang mengandung protein serta gisi yang lebih baik dari biasanya , hal ini bertujuan agar memperkecil kemungkinan gagal kawin yang berarti harus menunggu 21 hari lagi untuk siklus berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar